Rabu, 10 Agustus 2011

Marilah kita berpikir positif

Pola pikir negatif dalam Model Ekonomi Makro.

Model ekonomi 4 sekor:
Y = C + I + G + X                                                                                             (1)
Y= C + S + T + M                                                                                             (2)
di mana:
Y = Pendapatan Natsional
C = Konsumsi
I = Investasi
G= Pengeluaran pemerintah
X = Ekspor
T = Pajak
S= Tabungan
M = Impor

Syarat keseimbangan dalam model ekonomi empat sektor adalah:
I + G + X = S + T + M                                                                                                  (3)
(I -S ) + (G-T) = M-X                                                                                                   (4)
Identitas (4) bearti bahwa surplus/defisist permintaan ditambah dengan surplus/defisit APBN haruslah ditutupi dengan defisit neraca perdagangan.
Perekonomian berdasarkan model ini sangat tergantung pada impor.
Model ekonomi ini telah diterapkan oleh orde baru dengan sangat sempurna, yang telah menyebabkan perekonomian Indonesia sangat tergantung pada impor. Oleh karena orde baru telah mengabaikan kemampuan bangsa sendiri, akibatnya produk-produk anak bangsa Indonesia kalah bersaing dengan produk-produk bangsa lain di dunia.
Guna menarik penanaman modal luar negri, orde baru mengembor-gemborkan bahwa upah tenaga kerja di Indonesia adalah yang terendah di dunia. Dengan ini Indonesia memiliki keuntungan komparatif.
Orde baru mengtakan bahwa rakyat tidak perlu demokrasi karena rakyat Indonesia belum siap untuk itu. Untuk itu rakyat tidak boleh banyak menuntut dan harus menerima karena pemerintahlah yang mencari uang ke luar negri. Pinjaman luar negri dipandang oleh orde baru sebagai kepercayaan luar negri terhadap Indonesia. Akibatnya selama orde baru, perekonomian Indonesia sangat tergantung pada utang luar negri.
Pembangunan dilaksankan denganteori bayar hutang dengan hutang, yang akhirnya menjadi bumerang bagi rejim orde baru. Model negatif ini sengaja dikembangkan di Indonesia oleh pakar ekonomi asing yang sengaja dibayar untuk menghancurkan ekonomi Indonesia, dan telah diajarkan di Universitas-Universitas  serta Perguruan Tinggi di Indonesia.
Pada waktu itu pemimpin rejim orde baru Soeharto sering menjadi cemoohanoleh pemimpin dunia.
Sehingga muncul pernyataan bahw aIndonesia yang besar menjadi kerdil karena pemimpinnya adalah kerdil.

Pola pikir positif dalam model ekonomi makro.


Model ekonomi empat sektor:
Y = C + I + G + M                                                                                                       (1)
Y = C + S + T + X                                                                                                       (2)
Syarat keseimbangan:
I + G + M = S +T + X                                                                                                   (3)
(I-S) + (G - T) = X -M                                                                                                  (4)
Berdasarkan identitas (4) dapat diketahui bahwa surplus/defisit permintaan dalam negri dan surplus/defisit APBN haruslah ditutupi oleh surplus neraca perdagangan.
Perekonomian yang mengunakan model ini sangat bertumpu pada ekspor dan kemampuan anak bangsa untuk berkompetisi dengan bangsa lain. Produk-produk bangsa Indonesia akan dapat menguasai dunia adalah apabila produk-produk tersebut mempunyai kualitas yang bagus sehingga disukai oleh bangsa lain di dunia.
Dengan ini Indonesia akan memiliki cadangan devisa yang sangat besar, sehingga Indonesia tidak lagi tergantung pada pinjaman/hutang luar negri.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar